Address
Jl. Gonjen No.07A, RT.07, Gonjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY. 55183
Phone

IAGI Maluku Utara dan UMMU Pemetakan Data Geologi di Wilayah Banjir Bandang Rua


Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara bersama dengan Laboratorium Geologi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) memulai kegiatan pemetaan geologi di lokasi banjir bandang Rua. Rabu (4/9/2024).

Kegiatan ini melibatkan enam mahasiswa dan empat dosen dari Program Studi Teknik Pertambangan UMMU, serta empat anggota dari IAGI Maluku Utara.

Selama satu minggu ke depan, tim akan melakukan pengambilan data langsung di lapangan, mencakup beberapa aspek penting seperti, Struktur geologi, Arah aliran sungai, Endapan material tersisa, Mekanika batuan.

Ketua IAGI Maluku Utara, Deddy Arif, menyatakan bahwa output dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu tim tanggap darurat dalam mendesain dan merekonstruksi kawasan terdampak, dengan pendekatan berbasis riset dan mitigasi bencana.

“Di hari pertama ini, kami menemukan beberapa singkapan batuan dan lava dari endapan Gunung Gamalama tua hingga dewasa. Data yang kami kumpulkan di sepanjang sungai telah dibagi menjadi tiga segmen untuk mempermudah proses pengambilan data. Kami juga berterima kasih kepada pos tanggap darurat yang sangat mendukung kegiatan ini, dan berharap cuaca cerah selama proses berlangsung,” ujar Deddy Arif.

sumber: https://kalesang.id/2024/09/04/iagi-maluku-utara-dan-ummu-pemetakan-data-geologi-di-wilayah-banjir-bandang-rua/